BUNDA BACA HSU BANTU TRAUMA HEALING ANAK-ANAK KORBAN BANJIR DI HST

AMUNTAI – Bunda Baca Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Hj Anisah Rasyidah Wahid bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) mengunjungi anak-anak korban banjir bandang di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Kehadiran Bunda Baca bersama jajaran Dispersip HSU dalam rangka memberikan pendampingan bagi Dispersip Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) untuk membangun kembali mental dan psikis para korban pasca bencana (Trauma Healing).

“Kita membawa suasana mental anak korban banjir untuk ceria kembali melalui kegiatan bernyanyi, bercerita, permainan, lomba dan memberi hadiah kepada mereka,” ujar Anisah di Desa Batu Tunggal, Hantakan, HST, Selasa (2/2/2021).

Suara agak tersekat dan mata berkaca-kaca saat menyampaikan sambutan, Anisah menyatakan ikut merasakan kesusahan yang di alami korban banjir bandang di Kabupaten HST.

“Semoga masyarakat diberi kesabaran dalam menerima musibah, mudah-mudahan Allah menggantikan yang lebih banyak dan baik lagi,” katanya.

Ia lantas mengajak anak-anak dan para orang tua untuk tetap ceria dan semangat, terus maju pantang mundur dalam menghadapi bencana.

Anisah tak lupa berterima kasih kepada Pemkab HST khususnya pihak Dispersip HST yang mengundang dirinya dan jajaran Dispersip HSU ikut ambil bagian dalam penanganan trauma pasca banjir bandang.

Di sisi lain, Lailatanur Raudah, Kepala Dispersip HSU, mengatakan, pada kegiatan Trauma Healing, Dispersip HSU turut didampingi oleh para Duta Genre, Duta Ekowisata Nasional Zainal Fuad dan Komunitas Inspiralova yang selama ini aktif bergerak di bidang literasi baca tulis.

Dispersip HSU selama terjadinya musibah banjir bandang di HST bahkan sudah tiga kali melaksanakan kegiatan.

“Kalau tidak salah selama terjadi bencana banjir di HST sudah kali ketiga bagi Dispersip datang dengan tempat-tempat yang berbeda,” kata Kepala Dispersip HSU.

Sementara, Kepala Dispersip HST Mardiono menyampaikan terima kasih atas bantuan pendampingan Dispersip HSU bersama Bunda Duta Baca, Duta Genre dan Komunitas Aspiralova HSU.

“Mudahan-mudahan apa yang dilakukan Bunda Baca HSU beserta Dispersip memberikan kebaikan bagi warga desa,” kata Mardiono.

Ia menjelaskan, Pemkab HSU tengah melakukan pemulihan (recovery) kondisi pasca bencana, termasuk pemulihan psikis dan mental dikalangan anak-anak yang kemungkinan mengalami trauma. Sehingga dirasa perlu meminta pendampingan kepada Dispersip Kabupaten HSU untuk melakukan Trauma Healing.

“Jarak Kabupaten HSU dan HST yang tidak begitu jauh membuat pemkab HSU merasa terpanggil memberikan bantuan kepada kabupaten tetangganya tersebut.” ucap Mardino.

Adapun, Sekretaris Desa Batu Tunggal Syamsul Ariyadi bersyukur dan merasa terharu atas kedatangan rombongan Dispersip HSU dengan membawa berbagai hadiah dan keceriaan bagi anak-anak.

“Kehadiran ibu berserta rombongan telah memberikan dorongan bagi kami untuk tetap semangat walaupun telah terjadi musibah di desa kami.” pungkasnya.

Tampak hadir juga Wakil Ketua PKK HSU Hj Erlianor Fauziah Husairi dan Sekretaris Dispersip HSU H Jahri turut membagikan hadiah kepada anak-anak.

Dalam perjalan kembali ke Kabupaten HSU, rombongan Bunda Baca HSU menyempatkan diri mengunjungi kawasan terdampak banjir bandang lainnya, yakni Desa Baru Kecamatan Batu Benawa dan membagikan pula hadiah dan makanan bagi anak-anak. (Diskominfo/Eddy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *