TINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK, PLH BUPATI HSU HADIRI PENGARAHAN MENTERI PAN-RB

BANJARMASIN – Pelaksana Harian (Plh) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Zakly Asswan ikuti arahan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah se Provinsi Kalimantan Selatan, di Banjarmasin, Selasa (18/10/2022).

Kehadiran Plh Bupati HSU bersama kepala daerah se-Kalsel lainnya tersebut membahas berbagai topik diantaranya, menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang dinamis, terampil, dan mengundang talenta global.

“Sebagaimana arahan Presiden RI Joko Widodo, birokrasi itu harus berdampak, birokrasi bukan tumpukan kertas dan birokrasi itu harus lincah dan cepat.” ujar Menteri PAN-RB RI Abdullah Azwar Anas dalam arahan di depan Gubernur, Wali Kota dan Bupati.

Menurutnya, dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat setiap ASN harus memiliki tiga hal yakni, kecepatan, inovasi, dan marketing.

“Kecepatan dan inovasi harus dilakukan untuk dapat memberikan pelayanan prima kepada para stakeholder. Sedangkan marketing, perlu dilakukan guna memasarkan kebijakan yang telah dibuat kepada masyarakat.” jelasnya.

Anas juga mengajak kepada seluruh pemerintah daerah se-Kalsel agar mulai bertranfromasi ke digitalisasi untuk menghadapi pemerintahan yang dinamis.

“Di tahun 2025 nanti, basisnya adalah dynamic governance. ASN harus mampu menyesuaikan diri tak lagi tersekat berdasarkan pendidikan tapi dibentuk agar mampu beradaptasi dengan organisasi dan proses kerja sehingga kinerja ASN bisa lebih dinamis dan optimal dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.” imbuh Anas.

Sementara itu, Plh Bupati HSU, Zakly Asswan mengucapkan terima kasih atas perhatian dan komitmen yang diberikan Pemprov Kalsel dalam mendukung birokrasi dan reformasi di Kabupaten HSU guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Semua ini tentunya untuk terus meningkatkan kualitas layanan publik, membangun budaya birokrasi yang lebih baik dan profesional bagi masyarakat. Sehingga apa yang diberikan pemerintah kepada masyarakat bisa mempermudah segala urusan dengan mudah, cepat, efisien dan bebas dari pungutan liar (pungli).” kata Zakly.

Diketahui juga, Kabupaten Hulu Sungai Utara sudah memiliki Mall Pelayanan Publik (MPP) yang sudah dioperasikan sejak Mei 2021.

Sebanyak enam instansi pelayanan di MPP HSU, dua diantara instansi vertikal yaitu, DPMPTSPNAKER, Disdukcapil, BPPRD, Kesbangpol dan BPJS serta KP2KP..

Ada 11 loket pelayanan di dalam MPP yang sudah dibagi-bagi, dengan 139 jenis layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Sementara untuk jam operasional MPP itu sendiri buka sesuai jam kerja dari hari Senin sampai Kamis jam 08.00 sampai 16.30 Wita, sedangkan untuk hari Jumat buka dari pukul 08.00 sampai dengan 11.00 Wita.

“Unit pelayanan yang ada di MPP akan terus ditingkatkan untuk mempermudah warga dalam melakukan pelayanan dan semakin efisien.” pungkas Zakly (Diskominfosandi/Prokopim)

 55 Total Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Generated by Feedzy
Selamat Datang di Website Bappelitbang Kabupaten Hulu Sungai Utara