PLH BUPATI HSU TEKANKAN PENTINGNYA PENGELOLAAN ARSIP DALAM PEMBANGUNAN DESA

AMUNTAI – Pengetahuan serta pemahaman sistem kearsipan dilingkungan instansi pemerintah merupakan peran penting dalam ketertiban dan pelaksanaan administrasi kantor secara keseluruhan.

Demikian disampaikan Plt Asisten Pemerintah dan Kesra Sekretariat Daerah Hulu Sungai Utara (HSU, Amberani saat membacakan sambutan tertulis mewakili Plh Bupati HSU dalam kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kapasitas tentang Pengelolaan Kearsipan Desa Terintegritas di Aula Dispersip HSU, Selasa (25/10/2022).

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 25 – 26 Oktober 2022 tersebut, turut dihadiri Kepala Desa se Kabupaten HSU. Dengan narasumber Junaidi dari DPRD HSU dan Budia Hendra dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) HSU.

Di hadapan para peserta sosialisasi, Amberani menjelaskan, keberadaan sistem kearsipan merupakan bukti berfungsinya kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan serta sekaligus merupakan endapan informasi berbagai kebijakan yang telah dilaksanakan oleh instansi bersangkutan sehingga harus dikelola secara khusus dengan petugas yang terlatih.

Sebagaimana diketahui, ruang lingkup penyelenggaraan kearsipan meliputi keseluruhan penetapan kebijakan yang didukung oleh sumber daya manusia, ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan.

“Kami menyambut baik dan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Dinas Perpustakaan atas dilaksanakannya sosialisasi peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa tentang pengelolaan kearsipan desa terintegrasi.” ucap Amberani.

Ia berharap, kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan penyelenggaraan pengetahuan dan pengelolaan kearsipan para aparatur pemerintah desa di HSU.

“Sehingga lebih serius memperhatikan penyelenggaraan kearsipan, baik terhadap arsip dinamis, arsip statis dan arsip vital dan dapat menganggarkan anggaran untuk penanganan kearsipan.” pungkasnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Perpustakaan HSU, Karyanadi mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini agar para kepala desa mampu mengelola kearsipan agar lebih baik, terampil dalam tata kelola arsip pemerintah desa.

“Khususnya kepala desa yang baru saja terpilih dilingkungan pemerintahan Hulu Sungai Utara tentang pengelolaan kearsipan sehingga sistem administrasi desa tersusun dengan rapi.” tutup Karyanadi. (Diskominfosandi/nata/eddy)

 52 Total Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Generated by Feedzy
Selamat Datang di Website Bappelitbang Kabupaten Hulu Sungai Utara