KABUPATEN HSU TARGETKAN TURUNKAN ANGKA KASUS STUNTING DARI 20,9 PERSEN JADI 14 PERSEN PADA 2024

AMUNTAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) HSU menargetkan angka kasus stunting turun dari 20,9 persen menjadi 14 persen pada 2024 mendatang.

“Berdasarkan studi status gizi indonesia (SSGI) data prevalensi balita stunting kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan 2021, Kabupaten Hulu Sungai Utara sebesar 20,9 persen diharapkan tahun 2024 menjadi 14 persen,” jelas Kepala DPPKB HSU, Anisah Rasyidah saat membuka kegiatan evaluasi rencana tindak lanjut audit kasus stunting di Aula DPPKB, Rabu (2/11/2022).

Anisah menyampaikan, bahwa Kabupaten HSU merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan yang masih terdapat angka kasus stunting.

Diketahui, saat ini Kabupaten HSU sudah mencanangkan Kampung KB di 14 desa di 6 kecamatan.

“Bahkan tidak menutup kemungkinan juga terdapat pada semua desa di Kabupaten Hulu Sungai Utara,” ucapnya.

Menurutnya, upaya untuk mengatasi kasus stunting dengan melaksanaan program penyiapan generasi emas di tahun 2045.

“Penyiapan generasi emas ini, perlu dilakukan sinergi lintas sektor dalam bentuk koordinasi dan komunikasi yang antara lain adalah bapak/ibu dari KUA Kecamatan, BP4, Tokoh Agama, Kader BKB, PLKB dan TP PKK Kecamatan,” tambahnya.

ia juga berharap, enyampaian informasi yang terkait dengan pola pengasuhan dan pendidikan anak di keluarga dalam pendewasaan usia perkawinan serta mencegah stunting. (Diskominfosandi/nata/aulia)

 45 Total Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Generated by Feedzy
Selamat Datang di Website Bappelitbang Kabupaten Hulu Sungai Utara