DINKES HSU LAKUKAN MONITORING DAN EVALUASI KAPITASI BERBASIS KOMITMEN PELAYANAN FKTP

Dalam rangka dukungan dan pelaksanaan Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBKP) di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi Kapitasi Berbasis  Komitmen Pelayanan (KBKP), Rabu (13/9) di aula Dinas Kesehatan Kabupaten HSU.

Kegiatan monitoring dan evaluasi diikuti tim penilai KBKP Dinas Kesehatan Kabupaten HSU dan seluruh Kepala Puskesmas di wilayah Kabupaten HSU.

Materi yang menjadi bahasan kegiatan tersebut adalah capaian indikator komitmen pelayanan bulan Juni 2017 sampai dengan Agustus 2017 dan seberapa jauh pelaksanaan pemenuhan dari komitmen pelayanan tersebut.

Kapitasi berbasis pemenuhan komitmen pelayanan adalah penyesuaian besaran tarif kapitasi berdasarkan hasil penilaian pencapaian indikator pelayanan kesehatan perseorangan yang disepakati berupa komitmen pelayanan  Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dalam rangka peningkatan mutu pelayanan.

Penerapan pembayaran kapitasi berbasis pemenuhan komitmen pelayanan sebagaimana dimaksud ditujukan dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan  Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dalam penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Dalam pelaksanaan JKN, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) harus dapat melakukan monitoring, evaluasi dan meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien (peserta) yang diberikan oleh Fasilitas Kesehatan kepada peserta JKN (Dinkes/Yuli).

The post DINKES HSU LAKUKAN MONITORING DAN EVALUASI KAPITASI BERBASIS KOMITMEN PELAYANAN FKTP appeared first on Pemerintahan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Source: Website Hulu Sungai Utara